Menu
27 Oktober 2023

Macam-macam Alat Cat Tembok Beserta Fungsinya

alat cat

Mengecat tembok merupakan sebuah proses penting dalam perawatan maupun ketika akan melakukan perbaikan pada bangunan. Beberapa proses yang umumnya dilakukan adalah brushing atau pakai kuas, spraying atau pakai alat semprot dan rolling atau pakai roller alat cat. Ketiga metode tersebut membutuhkan perlengkapan pengecatan yang bisa dilakukan sesuai kebutuhan. Tapi tidak sedikit yang bertanya untuk mengecat tembok itu bagus pakai roller atau kuas ya?

Karena dengan mengetahui alat cat tembok yang digunakan maka akan lebih memudahkan dalam mengaplikasikannya. Dengan persiapan yang baik tentu akan lebih memberikan hasil maksimal untuk tembok Anda. Sebab untuk meminimalisir kerusakan pada permukaan tembok membutuhkan alat yang sesuai dengan kondisi masing-masing bangunan ya.

Sebelum itu mari kita kenali terlebih dahulu beragam macam alat untuk mengecat tembok atau bangunan tersebut. Hal penting juga perlu diperhatikan lebih dulu sebelum akan membeli alat cat tembok ya. Misalnya dari segi brand, material kuas, budget hingga metode pengecatan yang akan digunakan. Dengan mengetahui hal tersebut akan memudahkan bisa membuat kita lebih mudah dalam menyesuaikan kebutuhan yang diinginkan.

alat cat

Ragam Alat Cat Tembok

Nah, jika sudah jelas dengan penjelasan atau kiat-kiat sebelum membeli alat cat tembok maka selanjutnya adalah tahu ragam alat cat tembok dan fungsinya. Berikut ini akan dijabarkan secara rinci kebutuhan alat cat yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli:

  1. Kuas Roller

Dalam pengecatan roll kuas bisa dijadikan alat cat tembok yang bisa memudahkan Anda. Kuas roll cukup simpel dan mudah untuk dibersihkan. Roller kuas bisa dibeli sepaket atau hanya roller framenya saja. Jika ingin sekalian dengan roller covernya maka Anda bisa memilih untuk membeli yang sepaket ya.

Karena kuas roll ini ada yang panjang dan pendek, maka biasanya juga akan disediakan extension pole-nya. Extension pole ini merupakan komponen tambahan untuk digunakan pada kuas roller jika kurang panjang. Karena jika area yang akan dicat lebih tinggi maka penggunaan extension pole ini sangatlah membantu ya.

 

  1. Kuas Cat

Pada umumnya kuas yang satu ini biasa digunakan. Jaman dulu sebelum adala kuas roller dan kawan-kawannya, tentu penggunaan kuas yang satu menjadi jalan satu-satunya untuk mengaplikasikan cat tembok dan bangunan. Selain itu, kuas cat ini juga banyak macamnya seperti kuas yang lebar untuk cat plafon atau tembok hingga kuas kecil yang bisa menjangkau sudut kecil.

 

  1. Scraper atau Kape

Pisau skrap atau disebut juga dengan kape ini merupakan suatu alat yang digunakan dalam persiapan sebelum mengecat dan finishing. Biasanya pisau skrap (scraper) ini untuk mengikis tembok atau permukaan bangunan yang akan dicat ulang. Sehingga bisa menghilangkan lapisan cat sebelumnya.

Scraper ini juga mampu untuk menghilangkan bekas noda dan juga bekas lem pada tembok atau bangunan. Karena Scraper ini memiliki bentuk tajam dan juga kuat sehingga bisa dengan mudah untuk mengikis tembok atau bangunan yang akan dilakukan pengecatan ulang. Namun dalam penggunaannya perlu hati-hati ya karena bisa merusak permukaan bangunan Anda jika tidak dilakukan secara teliti.

 

  1. Spray Gun

Alat spraying atau spray gun ini bisa digunakan untuk proses dalam mengecat tembok atau bangunan Anda. Penyemprotan dengan alat ini juga memiliki tekanan sangat tinggi. Sehingga ketika digunakan akan bekerja dengan memompa kuat cat untuk keluar dengan tekanan yang cukup kuat ya. Spray gun biasanya menghasilkan lapisan yang merata dan juga tentu saja lebih cepat.

Tapi penting untuk diingat bahwa dengan menggunakan spray gun maka Anda harus memiliki pengalaman penggunaan karena untuk menghindari hasil yang kurang optimal. Keterampilan dalam penggunaan alat cat tembok yang satu ini tentu saja bisa memberikan hasil terbaik dalam pengecatan. Dan pastikan merawat spray gun dengan benar agar awet untuk digunakan kembali.

 

  1. Baki Cat

Roller tray atau juga biasa disebut dengan baki cat ini berfungsi untuk mendapatkan hasil cat yang merata dan juga halus. Biasanya alat ini digunakan untuk memuat pada kuas roller karena permukaan yang datar, rata dan lebar. Ini sebabnya penggunaan baki cat ini akan memaksimalkan hasil cat tembok Anda.

Untuk mendapatkan hasil optimal dalam mengecat tembok maka Anda harus menerapkan gerakan yang konsisten serta cat yang cukup di roller tray atau baki cat. Perawatan baki cat juga cukup mudah, sehingga bisa memperpanjang pemakaian.

 

  1. Masking Tape

Selotip atau masking tape ini berfungsi untuk melindungi area tertentu saat pengecatan. Biasanya digunakan saat akan mengecat kusen, trim atau bagian lain yang tidak akan dicat. Pilih selotip yang mudah dilepas dan tentunya tidak meninggalkan bekas residu pada permukaan ya.

alat cat

Beberapa rekomendasi alat cat tembok di atas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Terlihat sedikit ribet ya untuk perihal pengecatan ini. Namun jika Anda tidak ingin ribet dan membutuhkan jasa painting, Toko Cat Lancar menyediakan jasa pengecatan bergaransi professional sehingga dijamin hasilnya pasti yang terbaik. Anda bisa hubungi Hotline Lancar Painting Service di sini. Semoga membantu ya!


Pencarian Blog

Postingan Baru

Tags : Toko Cat Terlengkap, Toko Cat Online, Toko Cat Duco, Toko Cat Genteng, Toko Cat Gypsum, Toko Cat Kayu Besi, Toko Cat Tembok, Jasa Pengecatan Rumah dan Perlengkapan Pengecatan.